IKHSAN MUEL

Jumat, 24 Agustus 2012

Artis Lipsing VS Pengamen Jalanan






Artis Lipsing

Lipsing bisa jadi artis? Memang itulah fenomena yang sering terjadi di Indonesia. Kamu ingin jadi artis? Share aja lipsingmu di Youtube, karena lipsing bisa jadi artis. Mau menjadi apa kedepannya musik Indonesia jika lipsing bisa jadi artis. Saya gak hanya sembarangan menulis, mungkin Anda juga bisa menyadari itu. Kualitas suara sekarang nomer sekian, bukan yang utama lagi. Asalkan udah terkenal di youtube, ya...sudah, para media akan berlomba mengangkatnya di media sebagai bahan bisnis belaka.
Kangen masa-masa dimana para musisi tampil dengan suara emasnya. Kangen dimana mereka performa dengan modal yang benar-benar hebat. Bukan cuma itu saja, mohon maaf coba anda perhatikan performa dari boys band atau girls band yang lagi manggung di siaran televi. Mereka hanya menari sambil komat-kamit tanpa suara. Karena apa? Ya karena mereka hanya lipsing. Memang tidak semua seperti itu, ada juga beberapa boys band atau girls band yang tampil minus one. Wah... jadi pingin dengerin lagu-lagunya Gigi, Boomerang, Slank dan masih banyak band yang lain dengan power yang mantap. Belum lagi fenomena lain di youtube seperti hanya lipsing sambil nari-nari bisa jadi artis. Dielu-elukan padahal belum terbukti apakah dia bisa bernyanyi atau tidak. Hmmm... sangat tragis ya. Kemajuan teknologi bukannya membuat semua menjadi bagus, tapi malah sebaliknya. Mungkin itu juga karena kita yang salah kaprah dalam mengartikan dan memanfaatkan teknologi tersebut.
Belum lagi alasan-alasan lain yang tidak realistis bagi para musisi yang memang benar-benar membangun musik Indonesia. Pertanyaanku sekarang adalah, apa pendapat anda tentang musik Indonesia untuk sekarang ini? Apakah memprihatinkan atau biasa-biasa saja? Musik itu sebenarnya apa sih? Apakah hanya semata-mata untuk mencari keuntungan saja? Apakah hanya untuk mengejar ketenaran saja? Tanpa harus memandang kualitas dari musik itu sendiri.
Apalagi jaman sekarang, dimana penikmat musik juga hanya mengikuti trend. Saat lagi trend boysband, penikmat musik berbondong-bondong hijrah ke aliran lagu boysband. Kemana menghilangnya lagu rock, pop, jazz? Kita lihat mau dibawa kemana arah dari musik Indonesia.


Pengamen Jalanan

Sudah bukan pemandangan aneh, saat kita naik bus kota atau berada di sebuah rumah makan,dipinggir jalanan, tiba-tiba nyelonong seseorang atau beberapa anak muda yang membawa peralatan musik seadanya, bernyanyi dengan suara merdu, asyik walaupun terkadang juga sering sumbang. Mereka langsung pergi atau tidak menyelesaikan lagu yang sedang dinyanyikannya, ketika ia diberi upah atau uang sekedarnya.
Mereka biasa disebut dengan pengamen, atau lebih kerennya, mereka lebih suka disebut dengan, Penyayi Jalanan. Sementara musik yang mereka mainkan sering mereka sebut sebagai, Musik Jalanan. Sebenarnya pengertian musik jalanan dan penyayi jalanan,tidaklah sesederhana terminologi yang mereka sebutkan seperti di atas. Sebab, musik jalanan dan penyanyi jalanan mempunyai disiplin dan pengertian yang spesifik, bahkan merupakan suatu bentuk dari sebuah warna musik yang berkembang di dunia kesenian.

Mungkin dengan melihat Video-video pengamen dibawah ini anda bisa membandingkan yang lebih layak jadi artis!!!
Mari kita saksikan Video-video pengamen di bawah ini




Silahkan tulis komentar anda dibawah ini, terima kasih.
Atas kesalahan dan kekurangan tulisan ini, penulis memohon yg sebesar-besarnya.

Wassalam,

Jakarta Selatan, 25 Agustus 2012
Pasar Minggu, Jl. Poltangan Raya No. 48
Penulis :IKHSAN,S.Pd





1 komentar: